Selasa, 07 Mei 2019

AKHLAK TERPUJI (RUKUN DAN TOLONG MENOLONG)

AKHLAK TERPUJI  (RUKUN DAN TOLONG MENOLONG)

1. Rukun

Diantara yang termasuk ibadah yang paling utama ialah saling mencintai hanya karena Allah Swt. Dan menjalin persaudaraan di dalam agama Islam, dan itu termasuk buah dari akhlak yang baik dan kedua-duanya terpuji. Adapun yang dinamakan akhlak terpuji, 

Allah Swt berfirmann dalam al-Qur’an surah Al-Qalam ayat 4:


Artinya: “Dan Sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.” (QS. Al-Qalam [68]:4).

Rukun termasuk salah satu akhlak terpuji. Arti rukun adalah damai dalam suatu lingkungan, baik lingkungan keluarga, Madrasah maupun masyarakat. Hidup rukun dimulai dari lingkungan yang kecil yaitu keluarga.

Apabila dalam lingkungan keluarga saling menghormati, seperti yang muda hormat terhadap yang lebih tua dan yang tua mengasihi yang lebih muda maka, akan tercipta kerukunan dalam keluarga. Begitu juga jika di Madrasah tercipta kerukunan di antara teman maka, akan terjadi suasana yang nyaman untuk belajar.

Contoh pada suatu bangunan dibutuhkan beberapa bahan diantaranya adalah: semen, batu, kapur, dan air. Jika semua bahan tersebut dicampur dan di tata maka, akan membentuk suatu bangunan yang kokoh. Sebaliknya, jika bahan- bahan tersebut terpisah, Apakah dapat membentuk sebuah bangunan? Tentu tidak! Begitu pula dalam suatu kehidupan diperlukan adanya kerukunan agar terbentuk kekuatan dan kerukunan.

2. Tolong-menolong.

Apakah kalian pernah menolong orang lain?

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menjumpai orang yang sedang membutuhkan bantuan, bahkan kita sendiri mungkin sering membutuhkan bantuan orang lain. Apabila kita melihat teman atau tetangga yang hidupnya serba kekurangan kita harus menolong mereka. Manusia adalah makhluk sosial artinya manusia membutuhkan bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya.

Dalam bahasa Arab tolong-menolong disebut Ta’awun. Islam mengajarkan kepada manusia untuk senantiasa tolong-menolong dalam kebaikan. Sebaliknya, Islam melarang untuk tolong-menolong dalam kejahatan dan berbuat dosa. Sering pula kita menyaksikan di layar televisi kejadian bencana alam seperti gempa bumi, gunung meletus, dan sebagainya yang menimbulkan banyak korban. Mereka sangat membutuhkan bantuan baik pakaian maupun makanan. Atas musibah itu kita sebaiknya memberikan bantuan kepada meraka untuk meringankan beban mereka. Allah Swt mengajarkan agar kita mau hidup tolong-menolong. 

Dalam al-Qur’an surah Al-Maidah ayat 2 Allah Swt berfirman:


Artinya: “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. dan bertakwalah kamu kepada Allah, Sesungguhnya Allah Amat berat siksa-Nya”. (QS. Al-Maidah [5]:2).

0 on: "AKHLAK TERPUJI (RUKUN DAN TOLONG MENOLONG)"